10 Dasar Seni Ilmu Bela Diri Para Ninja & Sejarah Shinobi





Shinobi

Ada 10 ilmu dan seni berperang ninjutsu dari banyak keahlian yang dimiliki oleh ninja yang dapat dipelajari oleh umum pada saat ini. Selebihnya di luar keterampilan fisik dan penguasaan jiwa, para pendekar ini harus mempelajari latihan batin. Setelah menguasai level ini, ninja bisa sangat ahli dan bahkan dianggap sebagai orang bijak atau dukun, karena kemampuannya menyatu dengan alam dan siklus di sekitarnya.
Berikut 10 ilmu dasar diantaranya :

1. Seishin Teki Kyoyo (Pemurnian Jiwa)




Model dalam film Ninja Assasin

Ninja aliran togakure sangat mengandalkan pengenalan jati diri. Seorang ninja harus mengetahui dengan tepat komitmen dan motivasi hidupnya. Dengan pemahaman dan penghayatan terhadap proses pematangan seorang ninja bisa menjadi seorang pendekar yang bijak. Keterlibatan ninja dalam pertarungan dimotivasi oleh alasan untuk melindungi. Tidak dibenarkan jika alasannya semata-mata hanya karena uang.

2.Taijutsu (Bertarung Dengan Tangan Kosong)



Taijutsu

Paduan dari ilmu daken taijutsu(pukul, tendng, tangkis), ju taijutsu(gumul, mencekik, meloloskan dari kuncian), taihen jutsu (gerak tanpa suara, berguling, melompat, cara jatuh). Keterampilan ini di perlukan pada situasi terancam atau bertahan

3. Ninjaken (Pedang Ninja)




Ninjaken

Pedang ninja adalah pedang pedek lurus bermata tunggal. Pedang adalah senjata utama ninja. Untuk menggunakan pedang dituntut dua keahlian utama yaitu ilmu menarik pedang (dengan kecepatan namun halus gerakannya ) sekaligus mengayun untuk memotong.

4. Bojutsu (Jurus Tongkat dan Bilah)



Bojutsu (Jurus Tongkat dan Bilah)

Ada dua jenis tongkat, tongkat panjang sekitar 2 meter(bo) dan tongkat pendek sekitar satu meter(hanbo). Ada lagi senjata dari bilah bambu yang bila di buka di dalamnya ada mata pedang yang sekilas tampak seperti tongkat biasa.

5. Shuriken Jutsu (Skill Senjata Lempar)



Shuriken Jutsu (Skill Senjata Lempar)

Ilmu lempar berupa lempeng baja dengan mata tajam bersisi empat seperti bintang(senban shuriken) atau paku lempar(bo shuriken). Senban shuriken dilempar dengan cara dipuntir agar bisa menancap dan memberi efek gergaji. Bo shuriken dilempar bersamaan beberapa buah sehingga terlihat seperti kilatan jarum.

6. Yari jutsu (jurus tombak) dan Naginata jutsu (jurus pedang bertongkat)



Shimizu Nobuko - Naginata jutsu (jurus pedang bertongkat)

Ilmu tombak atau Yari jutsu digunakan untuk pertarungan jarak sedang untuk menangkis dan meredam serangan lawan. Sedangkan Naginata Jutsu adalah ilmu pedang pendek yang gagangnya dibuat panjang seukuran tombak. Digunakan ninja untuk memotong lawan yang berada dalam jarak sedang. Bisa digunakan untuk menyerang samurai dan merobohkan tentara berkuda.

7. Kusarigama (jurus rantai dan bandul)



Kusari gama (jurus rantai dan bandul)

Berupa rantai sepanjang 2-3 meter yang diberi bandul pada salah satu ujungnya. Pada ujung yang lain dikaitkan pada gagang arit tradisional jepang. Rantai digunakan untuk menangkis serangan senjata lawan.sedangkan bilah arit digunakan untuk menghabisi lawan yang sudah terjerat. Senjata rantai dan bandul yang disukai oleh para ninja aliran togakure adalah kyoketsu yaitu belati lengkung yang gagangnya dipasangi tali halus dari rambut kuda dan ujung tali satu lagi diberi cincin baja besar.

8. Henso jutsu (Ilmu menyamar dan membaur)



Ilmu menyamar dan membaur

Ilmu ini sangat diperlukan pada saat spionase. Ninja membuat identitas palsu dan mengalihkan perhatian orang. Ninja juga bergerak tanpa bisa di lacak.

9. Shinobi Iri (Ilmu mengintai dan menyusup) dan Sui Ren (Ilmu tempur dalam air)



Shinobi Iri (Ilmu mengintai dan menyusup)

Ilmu ini mengajarkan bergerak tanpa suara dan bersembunyi di bawah bayangan. Sui ren (ilmu tempur dalam air) meliputi teknik mengintai dengan cara berenang, bergerak tanpa suara dalam air, cara menggunakan perahu khusus untuk mengapung dalam air, dan teknik perkelahian dalam air.

10. Bo ryaku (ilmu strategi)



Bo ryaku (ilmu strategi)

Ilmu taktik yang tak lazim digunakan dalam kondisi bertahan atau pertarungan terbuka. Ninja sering memanfaatkan kondisi sekitarnya untuk melaksanakan tugasnya, tanpa banyak mengeluarkan energi.

Sejarah Shinobi



Ninja dalam tulisan kanji

Ninja atau Shinobi (dalam bahasa Jepang:, harfiah, Seseorang yang bergerak secara rahasia) merupakan seorang pembunuh yang terlatih dan memiliki seni ninjutsu (secara kasarnya seni pergerakan sunyi). Ninja seperti samurai, mematuhi peraturan khas mereka sendiri, yang disebut ninpo, Menurut sebagian pengamat ninjutsu, keahlian seorang ninja bukanlah pembunuhan tetapi penyusupan, Ninja berasal dari bahasa Jepang yang berbunyi Nin yang artinya menyusup, Jadi keahlian khusus seorang ninja adalah menyusup dengan atau tanpa suara.

Definisi/pengertian Ninja



Kalau kita membicarakan tentang ninja,pasti dipikiran kita terlintas sosok yang misterius,berpakaian serba hitam,pandai menyusup dan menyelinap kesana kemari dan sosok yang pandai bela diri..

Sementara kata ninja sendiri terbentuk dari dua kata yaitu nin dan sha yang masing-masing artinya adalah tersembunyi dan orang. Jadi ninja adalah seorang mata-mata profesional pada zaman feudal Jepang, Sejarah ninja juga sangat sulit dilacak. Info mengenai keberadaan mereka tersimpan rapat-rapat dalam dokumen-dokumen rahasia.

Ninja juga bisa diartikan sebagai nama/sebutan yang diberikan kepada seseorang yang menguasai dan mendalami seni bela diri ninjutsu. Nin artinya pertahanan dan jutsu adalah seni atau cara, Kata ninja juga diambil dari kata ninpo. Po artinya adalah falsafah hidup atau dengan kata lain ninpo adalah falsafah tertinggi dari ilmu beladiri ninjutsu yang menjadi dasar kehidupan seorang ninja, Jadi ninja akan selalu waspada dan terintregasi pada prinsip ninpo.

Ninja adalah mata-mata profesional di jaman ketika para samurai masih memegang kekuasaan tertinggi di pemerintahan Jepang pada abad 12. Pada abad 14 pertarungan memperebutkan kekuasaan semakin memanas, informasi tentang aktifitas dan kekuatan lawan menjadi penting, dan para ninja pun semakin aktif,
Para ninja dipanggil oleh daimyo untuk mengumpulkan informasi, merusak dan menghancurkan gudang persenjataan ataupun gudang makanan, serta untuk memimpin pasukan penyerbuan di malam hari, Karena itu ninja memperoleh latiham khusus, Ninja tetap aktif sampai jaman edo (1600-1868), dimana akhirnya kekuasaan dibenahi oleh pemerintah di zaman edo.

Asal-usul Ninja



Ninja


Follow On Twitter